Skip to main content
Setelah Anda mengelompokkan data berdasarkan tema dengan membuat Affinity Diagram, langkah selanjutnya yaitu mengidentifikasi Insight. Insight adalah hasil observasi yang membantu Anda memahami kebutuhan pengguna dengan perspektif baru yang berbeda. Beberapa ciri-ciri insight yang kuat adalah:
  • Berdasarkan data yang nyata. Semakin banyak yang merasakan masalah yang sama, semakin kuat insight yang Anda dapatkan. Jadi, bukan hanya berdasarkan asumsi semata.
  • Menjawab pertanyaan utama riset. Apabila masalah yang diutarakan sesuai dengan apa yang menjadi tujuan utama riset, maka sebaiknya kita fokus pada hal tersebut.
  • Mudah dipahami. Pastikan stakeholder yang membaca mengetahui konteks yang dimaksud pada insight tersebut walaupun ia tidak mengetahui detail riset dari awal.
  • Meningkatkan empati kepada pengguna. Memahami perasaan pengguna produk akan membuat Anda memahami apakah insight ini berguna atau tidak.
  • Menginspirasi untuk melakukan suatu perubahan. Sebagai contoh, komentar yang mengatakan, “UI-nya sudah keren sekali” hanyalah sebuah opini yang tidak menyarankan suatu aksi perubahan. Berbeda dengan komentar “Suatu menu tidak terlalu terlihat” yang membuat kita berpikir untuk memperbaikinya.
Sebagai contoh, mari kita lihat kembali hasil riset yang kita dapatkan pada Affinity Diagram berikut: dos:aa9075d3108de0d3f60521696709536f20211011175007.jpeg Maka, beberapa insight yang bisa Anda temukan adalah:
FindingInsight
Berdasarkan temuan tentang UI filter kategori, pengguna merasa tampilannya mirip Story dan kurang beragam.Ternyata pengguna membutuhkan penanda yang lebih jelas untuk filter kategori.
Berdasarkan temuan tentang UI tambah menu, pengguna perlu scrolling terlebih dahulu jika menu yang dipesan sudah banyak.Ternyata pengguna ingin mengakses fitur tambah menu dengan lebih cepat.
Berdasarkan temuan tentang UI kolom pencarian, pengguna tidak sadar ada fitur tersebut karena tidak terlalu terlihat.Ternyata pengguna membutuhkan penanda yang lebih jelas pada kolom pencarian.
Berdasarkan temuan tentang kustomisasi, pengguna ada yang tidak mengerti dengan opsi kustomisasi sehingga butuh informasi tambahan atau simulasi.Ternyata opsi kustomisasi yang diberikan tidak mudah dimengerti.
Berdasarkan temuan tentang riwayat pesanan, pengguna membutuhkan data tersebut pada halaman Home.Ternyata pengguna ingin melihat riwayat pesanan lebih cepat dan mudah.
Berdasarkan temuan tentang metode pembayaran, pengguna ingin mengetahui bagaimana tampilan jika memilih dompet digital.Ternyata pengguna ingin melihat daftar dompet digital lebih jelas.
Berdasarkan temuan tentang checkout, pengguna ingin metode pengiriman dan pembayaran tidak dibuat default.Ternyata pengguna sering salah apabila metode pengiriman dan pembayaran sudah dibuat default.
Jika ada komentar yang memiliki ide atau pendapat yang sama, Anda dapat menggabungkannya dalam sebuah finding (temuan). Baru setelah itu, Anda dapat menuliskan insight yang menggambarkan perspektif yang baru saja ditemukan. Lalu, jika terdapat banyak insight yang didapatkan ketika Usability Study, poin manakah yang perlu dikerjakan terlebih dahulu? Anda dapat menjawabnya setelah menentukan prioritas dari masing-masing insight. Anda dapat membagi prioritas berdasarkan hal berikut:
  • P0 : Suatu hal yang harus segera diperbaiki karena membuat pengguna gagal mencapai tujuannya. Misalnya, tombol yang tidak bisa ditekan atau dapat ditekan namun mengarah ke halaman yang tidak tepat.
  • P1 : Suatu hal yang mengganggu namun tidak sampai membuat pengguna gagal mencapai tujuannya. Misalnya, menambahkan rekomendasi pada halaman Home. walaupun fitur ini tidak ada, pengguna masih bisa memesan kopi dengan lancar.
  • P2, P3, dst. : Suatu saran atau masalah lainnya dengan tingkat urgensi yang lebih rendah.
Berikut ini adalah contoh pembagian kategori pada data insight di atas:
FindingInsight
P0
Berdasarkan temuan tentang UI kolom pencarian, pengguna tidak sadar ada fitur tersebut karena tidak terlalu terlihat.Ternyata pengguna membutuhkan penanda yang lebih jelas pada kolom pencarian.
Berdasarkan temuan tentang UI tambah menu, pengguna perlu scrolling terlebih dahulu jika menu yang dipesan sudah banyak.Ternyata pengguna ingin mengakses fitur tambah menu dengan lebih cepat.
Berdasarkan temuan tentang checkout, pengguna ingin metode pengiriman dan pembayaran tidak dibuat default.Ternyata pengguna sering salah apabila metode pengiriman dan pembayaran sudah dibuat default.
P1
Berdasarkan temuan tentang metode pembayaran, pengguna ingin mengetahui bagaimana tampilan jika memilih dompet digital.Ternyata pengguna ingin melihat daftar dompet digital lebih jelas.
Berdasarkan temuan tentang riwayat pesanan, pengguna membutuhkan data tersebut pada halaman Home.Ternyata pengguna ingin melihat riwayat pesanan lebih cepat dan mudah.
Berdasarkan temuan tentang kustomisasi, pengguna ada yang tidak mengerti dengan opsi kustomisasi sehingga butuh informasi tambahan atau simulasi.Ternyata pengguna memerlukan informasi tambahan terkait opsi kustomisasi.
P2
Berdasarkan temuan tentang UI filter kategori, pengguna merasa tampilannya mirip Story dan kurang beragam.Ternyata pengguna membutuhkan penanda yang lebih jelas untuk filter kategori.