Skip to main content
Transkrip Kali ini, kita akan mulai belajar langkah demi langkah dalam melakukan UX Design dengan menggunakan Design Thinking. Langkah pertama yang akan kita pelajari adalah Empathize. Pada tahap ini, Anda diharuskan mencari masalah apa saja yang dialami pengguna ketika berinteraksi dengan suatu produkdos:4bdd4fb994b7be33e80d67911380c03220211001142239.png Mengapa hal ini penting? Karena penggunalah yang berinteraksi dan menggunakan produk tersebut. Apabila memang terdapat suatu masalah, pasti mereka lah yang akan mendapatkan pengalaman yang buruk. Nah, dengan mengetahui masalah dan kebutuhan pengguna, Anda dapat membuat solusi supaya mereka bisa menggunakan produk dengan lebih nyaman. Perlu diketahui bahwa empati berbeda dengan simpati. Seseorang dikatakan simpati apabila dia merasa kasihan kepada seseorang. Namun, empati memiliki rasa yang lebih dalam dari itu. Seseorang dikatakan empati apabila dia memposisikan diri seperti orang tersebut, sehingga ia benar-benar memahami apa yang orang tersebut rasakan, kemudian ikut merancang solusinya. Lalu, bagaimanakah cara untuk berempati dengan pengguna? Berikut ini adalah beberapa langkah untuk berempati yang akan Anda pelajari pada materi ini, seperti:
  • Melakukan riset, baik dengan survei, wawancara, ataupun observasi.
  • Membuat Empathy Map.
  • Memahami masalah utama atau pain point pengguna.
  • Mengidentifikasi User Persona.
  • Menulis User Story.
  • Memetakan User Journey Map.
Bagaimana? Anda pasti penasaran kan apa yang dimaksud dengan beberapa istilah baru tersebut? Tak perlu berlama-lama, yuk kita mulai belajar!