Skip to main content
Pada latihan kali ini, Anda akan membuat sebuah Competitive Audit untuk produk aplikasi pemesanan kopi. Untuk mempermudah, kami telah menyediakan template yang bisa Anda gunakan untuk membuat Competitive Audit. Anda dapat membukanya pada tautan berikut:
Catatan:
File tersebut bersifat read-only (melihat saja). Untuk menggunakannya, Anda cukup klik File > Buat Salinan > Seluruh Presentasi. Setelah tersalin, Anda dapat mengubah teks yang ada di dalamnya.
Baik, sekarang saatnya mengisi data pada berkas tersebut. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:
  1. Tetapkan tujuan dari analisis ini, apakah ada fitur spesifik yang ingin dibandingkan atau hanya menganalisis pengalaman secara umum?
  2. Cari kompetitor yang sudah bermain pada produk ini. Anda dapat mencarinya dengan mudah melalui search engine Google atau melihat aplikasi terpopuler di Play Store.
  3. Isi informasi umum kompetitor, seperti jenis kompetitor, produk yang ditawarkan, alamat playstore, rating, total download, target pengguna, dan unique value proposition. Anda dapat mengetahui informasi tersebut dengan mencarinya di Play Store dan mesin pencari Google.
  4. Pada bagian selanjutnya, Anda harus mencoba produk dari masing-masing kompetitor secara langsung. Bagaimanakah kesan awal Anda ketika menggunakan produk tersebut? Sebutkan perasaan Anda pada bagian First Impression. Pada kolom ini jangan terlalu fokus dengan fitur spesifik-nya ya, cukup impresi Anda secara umum.
  5. Kemudian, cobalah untuk melakukan simulasi pemesanan kopi dari awal sampai akhir. Catatlah baik-baik bagian kelebihan dan kekurangan pada setiap prosesnya berdasarkan kategori berikut:
    • Fitur : Seberapa lengkap fitur yang membantu Anda dalam melakukan pemesanan.
    • Aksesibilitas : Apakah desain sudah cukup inklusif dan memperhatikan kebutuhan pengguna yang beragam?
    • User flow : Bagaimana alur pemesanan dari awal sampai akhir? Apakah Anda merasa kebingungan?
    • Navigasi : Apakah navigasi dari menu utama sudah cukup jelas?
  6. Perhatikan desain visual dan konten secara keseluruhan. Apakah desain sudah konsisten pada setiap halaman, baik dari segi warna, font, icon, maupun ilustrasi. Kemudian, apakah gaya bahasa yang digunakan sesuai dengan target pasar kompetitor? Terakhir, apakah tulisan pada konten sudah cukup menjelaskan isi yang di dalamnya atau tidak.
Berikut ini adalah contoh hasil jadi dari Competitive Audit: Sudah paham? Nah, sekarang adalah giliran Anda untuk membuat Competitive Audit Anda sendiri berdasarkan studi kasus yang sudah dipilih sebelumnya. Selamat berlatih ya! Jangan lupa untuk menyimpan berkas Anda dalam satu tempat supaya mudah untuk menemukannya kembali. Anda telah membuat sebuah Competitive Audit. Data ini akan membantu Anda dalam melakukan brainstorming ke depan. Sebagai contoh, jika Anda menemukan masalah pada produk kompetitor, cobalah cari solusinya sehingga nantinya ini akan menjadi nilai lebih pada produk Anda. Keren!